|

Follow us on

|
CLASS IT

Nasi Becek Nganjuk Nan Gurih Manis


Nasi Becek Nganjuk
Gurih dan Manis.
AKURNEWS-Khasanah kuliner nusantara di Kota Yogya semakin meriah dengan kehadiran masakan khas dari Kota Nganjuk Jawa Timur bernama Nasi Becek. Masakan yang hampir mirip dengan soto dan gule ini disajikan dengan sayuran mentah dengan daging kambing muda nan empuk dan manis ditambah taburan kacang tumbuk yang akan memuaskan penikmatnya.

"Nasi Becek di Nganjuk sering disebut dengan Soto Becek karena penyajian dan penampilannya mirip dengan masakan soto, namun kalau di daerah lain masakan ini lebih mirip dengan soto yang menggunakan daging kambing muda," ujar Pengelola Warung Nasi Becek Khas Nganjuk 'Bu Yani', Diah Kartika saat ditemui KRjogja.com di warungnya yang berlokasi di Jalan Wonosari Km 4,5 atau di sebelah Timur Kantor PLN Gedong Kuning Yogyakarta, Sabtu (30/4).

Diah menjelaskan warung ini dibuka kedua orangtuanya yang juga asli Nganjuk sejak 3 bulan lalu. Selain untuk mengenalkan masakan khas dari daerahnya, warung ini juga untuk memfasilitasi orang-orang dari Jawa Timur yang kangen ingin menyantap sajian ini dengan tidak perlu jauh-jauh pulang atau pergi ke Nganjuk.
"Makanan ini sangat terkenal disana terutama melewati Alun-alun Nganjuk disana ada Nasi Becek yang telah melegenda," katanya.

Awalnya untuk membuat Nasi Becek ini, Diah dan orangtuanya mengaku kebingungan mengingat mereka tidak mengetahui resep masakannya tersebut, namun akhirnya orangtuanya berhasil membujuk salah satu pegawai Nasi Becek yang berada di Kota Nganjuk yang kemudian diajari cara membuatnya. Setelah mengetahui resepnya, orangtua Diah baru membuka warung ini.

Mengenai bahan-bahannya sendiri, Diah mengungkapkan masakan ini bisa dicampur dan dipisah. Apabila dicampur biasanya daging kambing muda yang telah dibumbui kecap langsung dicampur nasi dan kuah santan yang dilengkapi tauge mentah, seledri mentah serta taburan kacang tanah tumbuk. Sedangkan apabila dipisah daging kambingnya dibuat sate kambing muda kecap kemudian nasi dan kuahnya dipisah.

"Mirip sate kambing dan soto kalau yang pisah. Harganya juga berbeda jika Nasi Becek campur harganya Rp.8.000 per porsi sedangkan yang pisah Rp.10.000 per porsi," imbuhnya.

Warung Nasi Becek ini mulai buka pukul 08.00 hingga pukul 21.00 WIB yang cocok disantap disegala suasana yang dipadukan dengan krupuk rambak dan perasan jeruk nipis yang menambah rasa segar. Selain menjual Nasi Becek, warung ini juga menjual makanan khas Nganjuk lainnya seperto Pecek Nganjuk dan Sate Nganjuk.

Nasi Becek Nganjuk Nan Gurih Manis 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Nasi Becek Nganjuk Nan Gurih Manis
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...