|

Follow us on

|
CLASS IT

Wow! India Luncurkan Tablet $45 Dolar


AKURNEWS - Pemerintah India, akhirnya meluncurkan komputer murah, Rabu (5/10), berupa perangkat tablet seharga US$ 45, dirancang untuk membawa revolusi teknologi informasi kepada puluhan juta siswa.

Komputer touchscreen tersebut memiliki layar 7 inci (18 sentimeter), akses Internet Wi-Fi, media player dan baterai berdaya 180 menit, sesuai dengan spesifikasi resmi.

Tablet tersebut dinamakan " Akash " alias langit, merupakan perangkat komputer buatan lokal yang diluncurkan oleh Menteri Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kapil Sibal di New Delhi, setelah tertunda bertahun-tahun.

Juru bicara kementerian, Mamata Varma menerangkan bahwa pengiriman pertama dari 500 tablet berbanderol 2.200 rupee tersebut akan diserahkan kepada siswa, setelah dirilis.

Strategi pemasaran komersial Akash masih belum jelas, namun sebagian besar komputer kemungkinan akan dijual melalui universitas dan perguruan tinggi daripada di toko komputer.

Produsen Akash, Datawind yang berbasis di Kanada menjelaskan bahwa tablet menggunakan sistem operasi Android 2.2, memiliki kemampuan video conferencing, dua USB port dan memori yang dapat diupgrade hingga 32GB. Tetapi para ahli memperingatkan RAM 256 MB akan membatasi kinerjanya.

Sebelumnya, pemerintah India berjanji untuk melepaskan 100.000 komputer pertama Akash pada Januari 2011 lalu, namun ketidakpastian atas tingkat subsidi pemerintah diduga membuat produksi massal itu tertunda.

Banyak "komputer untuk massa" tertunda saat dikatakan tengah diambang rilis pada 2005 dan 2009 lalu, namun tidak pernah terwujud.

Sementara, pengamat industri menilai, jika biaya tenaga kerja meningkat, impor murah, dan ada tablet lain yang lebih canggih, maka Akash bisa tersingkir dengan sendirinya. (it/ak)

Wow! India Luncurkan Tablet $45 Dolar 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Wow! India Luncurkan Tablet $45 Dolar
, . Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...