|

Follow us on

|
CLASS IT

Amplas Kebakaran, Tidak Ada Korban Jiwa


Kebakaran melanda Mal Ambarukmo Plaza (Amplaz) di Jalan Laksda Adi Sutjipto, sore kemarin (11/1). Titik api diduga mulai muncul sekitar pukul 17.00 dari lantai II gedung tersebut. Ratusan pengunjung dan karyawan mal sontak panik begitu mengetahui ada kebakaran di dalam mal. Mereka kocar-kacir berusaha menyelamatkan diri keluar mal.


Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kendati begitu selama pemadaman api berlangsung, belasan mobil ambulan disiagakan dan diparkir di sebelah timur dan barat gedung.

Delapan unit mobil pemadam kebakaran dari Sleman, Kota Jogja, dan Bantul dikerahkan untuk memadamkan di dua sisi berbeda. Tak berapa lama, sekitar pukul 19.00, api berhasil dipadamkan
Satu jam setelah kebakaran, petugas pemadam masih tampak menyisir lantai I hingga III gedung mal. Asap tebal masih tampak dari ketiga lantai dan mengepul hingga luar gedung. Informasi yang berhasil dihimpun Radar Jogja, titik api berasal dari toko pakaian jadi Planet Surf di lantai
dua.

Asal titik api itulah yang dituju petugas pemadam kebakaran yang masuk lewat pintu timur. Sebagian lagi naik melalui balkon.

Yusita, salah seorang pengunjung mal yang terjebak asap tebal menuturkan, kepanikan terjadi di semua lantai setelah ada pengumuman kebakaran oleh petugas keamanan. ’’Kata petugas kebakaran berasal dari Planet Surf di lantai dua. Saya waktu itu di lantai tiga. Ya langsung lari saja keluar,’’ cerita Yusita yang memilih berlari ke arah pintu keluar dan meninggalkan mobilnya di lower ground.

Salah seorang karyawan mal, Fajar menuturkan, kepulan asap memenuhi seluruh ruangan sehingga menimbulkan kepanikan pengunjung dan karyawan. ’’Kami diminta keluar gedung dengan tertib,’’ katanya.

Hanya, tak ada petugas keamanan yang bisa dimintai keterangan akan kejadian tersebut. Hingga sekitar pukul 21.00 tadi malam, kerumunan pengunjung dan warga sekitar mal masih tampak di sekitar gedung untuk menyaksikan dampak kebakaran. Asap dan bau menyengat benda terbakar masih tercium. Kebakaran di mal Ambarukmo Plaza ini juga mengakibatkan lalulintas di sekitar Jalan Solo crowded. Sebab jalan dari pertigaan Janti hingga pertigaan UIN ditutup total.

Pengalihan arus oleh polisi juga mengakibatkan beberapa ruas jalan macet. Seperti di pertigaan Gejayan (depan kantor RRI), petugas mengarahkan pengendara menuju Demangan Baru. Tapi sampai Demangan Baru kendaraan tetap bisa menuju Jalan Solo. Pengendara ke arah timur dibelokkan lagi di pertigaan UIN menuju Timoho.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui secara pasti asal usul titik api dan penyebabnya. Jumlah kerugian pun belum bisa ditaksir. Tapi kemungkinan mencapai miliaran rupiah.

Kapolda DIJ Brigjen Polisi Ondang Sutarsa BS menyatakan tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. ’’Anggota kami sudah menyisir gedung dan tak ada korban jiwa. Titik api berasal dari Planet Surf. Petugas pemadam sudah berhasil memadamkan titik-titik api,’’ ujarnya.

Kepulan asap tebal yang masih membumbung hingga pukul 21.00, menurut Ondang, akibat objek terbakar berupa kain yang berada di gudang baju Planet Surf. ’’Kami masih menyelidiki penyebab kebakaran. Tunggu hasil laboratoriumnya besok,’’ imbuh Kapolda.

Kendati begitu, Ondang menduga kebakaran tak disebabkan oleh korsleting listrik. Sebab saat kebakaran terjadi, listrik di mal masih menyala.

Amplas Kebakaran, Tidak Ada Korban Jiwa 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Amplas Kebakaran, Tidak Ada Korban Jiwa
, , . Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...