|

Follow us on

|
CLASS IT

Suara Kraton Harus Disampaikan Melalui Jalur Resmi


AKURNEWS - Persoalan terkait paugeran (peraturan) di Kraton yang mengemuka dalam perkembangan pembahasan Rancangan Undang Undang Keistimewaan (RUUK) DIY diharapkan tidak memberikan kebingungan terutama bagi masyarakat. Pasalnya, kemunculan berbagai pendapat baik di lingkungan kerabat Kraton sendiri akan menimbulkan pertanyaan masyarakat.

Ketua DPRD DIY, Youke Indra Agung mengungkapkan, untuk berbicara mengenai persoalan Kraton, perlu adanya saluran resmi yang bisa dijadikan pegangan. Terlebih, Kraton sebagai suatu entitas yang dihormati harus memiliki jalur yang resmi pula dalam menyatakan pendapat. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghindari kebingungan ketika ada pendapat yang berseberangan antar kerabat Kraton.

"Kalau mau bicara Kraton, kita harus tau benaR representasi Kraton itu siapa. Tidak semua orang Kraton bisa mengeluarkan pendapat. Kalau berbicara soal tahta Sultan misalnya, ya beliau yang kita jadikan pegangan," ujarnya di gedung DPRD DIY, Selasa (11/10).

Dalam perkembangan terakhir, Sultan sempat menyatakan keinginan adanya perubahan dalam paugeran Kraton. Hal tersebut dimaksudkan sebagai bentuk penyesuaian Kraton dengan kondisi terkini masyarakat termasuk dalam perkembangan tata pemerintahan. Sementara, beberapa kerabat Kraton lain justru menyebut tidak perlu ada perubahan dalam paugeran Kraton.

Menyikapi hal tersebut, Youke berharap agar masyarakat tetap menghormati sikap apapun yang diputuskan Kraton. Namun demikian, perlu dijadikan catatan bahwa suara yang disampaikan Kraton tersebut harus tetap melalui jalur yang resmi.

"Pernyataan itu perlu dicermati resmi atau tidak dari Kraton. Karena Kraton sebagai suatu entitas juga harus melalui saluran resmi. Kami secara prinsip dari DPRD akan tetap mengikuti suara resmi Kraton. Harus ada jalur juru bicara resmi Kraton. Dan kita hormati sikap Kraton, pegang apa yang disampaikan Ngarso Dalem," tandasnya. (jog/Ran)

Suara Kraton Harus Disampaikan Melalui Jalur Resmi 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Suara Kraton Harus Disampaikan Melalui Jalur Resmi
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...