|

Follow us on

|
CLASS IT

Terlibat Lengsernya Mubarak, ElBaradei Diancam Mati

AKURNEWS-Pemerintah Mesir telah memberikan penjagaan keamanan bagi aktivis pro-reformasi Mohammad ElBaradei menyusul laporan bahwa ia menghadapi ancaman pembunuhan atas perannya dalam pemberontakan populer yang menggulingkan presiden lama Mesir, Hosni Mubarak, sebuah surat kabar independen mengatakan pada hari Senin (28/3) waktu setempat.

"Seorang tentara preman sedang melacak ElBaradei, yang merupakan sasaran dari kampanye media kejam yang lebih buruk daripada yang ditargetkan padanya di era Mubarak," kata Ali, saudara ElBaradei, kepada Al Shorouk.

"Saudara saya bisa menghadapi pembunuhan setiap saat," tambahnya. "Langkah-langkah keamanan yang lebih ketat harus diambil untuk melindunginya."

ElBaradei, kepala mantan pengawas nuklir internasional, diserang pada tanggal 19 Maret ketika ia pergi ke sebuah TPS di pinggiran kota Kairo untuk memberikan suara dalam referendum tentang perubahan konstitusi. Dia tidak terluka dalam serangan tersebut dipersalahkan pada preman yang tak dikenal.

Pihak berwenang Mesir telah membuka penyelidikan atas insiden tersebut. ElBaradei merupakan pesaing potensial dalam pemilihan presiden yang diharapkan terjadi akhir tahun ini.

"Selama 20 hari, ElBaradei dan pendukungnya telah dengan sengaja diserang tiga kali. Kami tidak tahu siapa yang berada di belakang kampanye ini," kata saudaranya.

Anggota Ikhwanul Muslimin serta kampanye pendukung mantan Kepala IAEA Mohamed ElBaradei pada awal tahun ini juga mengatakan mereka diinterogasi dan diancam oleh pasukan keamanan dari rezim lama dalam upaya untuk mencegah mereka dari berpartisipasi dalam protes nasional pada 25 Januari.

"Sejumlah besar pejabat di kantor-kantor administrasi Ikhwanul di kegurbernuran banyak yang dipanggil oleh pasukan keamanan dan diancam dengan penahanan jika mereka berpartisipasi dalam protes 25 Januari," kata Mohamed El-Beltagy, seorang anggota Ikhwanul terkemuka, kepada agensi berita Daily News Mesir.

Pemandu Agung Persaudaraan Mohamed Badei meminta pemerintah untuk merespon tuntutan warga untuk perubahan bukannya merujuk mereka kepada pasukan keamanan yang mencoba untuk menyelesaikan semua masalah melalui kekerasan, intimidasi, penahanan, penyiksaan dan pembunuhan, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Minggu.

Kampanye yang mendukung ElBaradei mengatakan bahwa beberapa anggotanya secara paksa dibawa ke markas besar keamanan negara di gubernuran berbeda di sekitar Kairo, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kampanye pada hari Minggu.

Para anggota kampanye diancam dan diintimidasi oleh aparat keamanan terhadap berpartisipasi dalam protes pada 25 Januari, kata mereka.

"Pasukan keamanan secara verbal menyerang anggota kami dan menginterogasi mereka selama berjam-jam untuk mendapatkan rincian apapun tentang protes dijadwalkan untuk 25 Januari," Mustafa Al-Naggar, koordinator umum dari kampanye yang mendukung ElBaradei, mengatakan kepada Daily News Mesir.

Pernyataan itu menambahkan bahwa orang tua aktivis 'diberitahu bahwa mereka akan ditahan untuk waktu yang lama jika anak-anak mereka terus berpartisipasi dalam kegiatan politik yang menentang pemerintah, menggambarkannya sebagai tindakan yang "sangat aneh" atas nama pasukan keamanan.

"Kampanye mengutuk tindakan tidak bertanggung jawab atas nama pasukan keamanan ini dan menolak untuk mengalah pada ancaman ini," bunyi pernyataan dari kampanye yang mendukung ElBaradei.

ElBaradei mengecam ancaman di Twitter, yang menyatakan bahwa "ancaman kekerasan terhadap peserta dalam demonstrasi damai mengungkapkan wajah buruk dari rezim yang takut akan rakyatnya sendiri."

ElBaradei mengumumkan dukungannya bagi aksi protes yang ditetapkan untuk 25 Januari, meskipun ia tidak akan mengambil bagian di dalamnya.

Terlibat Lengsernya Mubarak, ElBaradei Diancam Mati 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Terlibat Lengsernya Mubarak, ElBaradei Diancam Mati
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...