|

Follow us on

|
CLASS IT

Ulat Bulu Serang Lereng Lawu

Warga menyemprot pestida ke pohon
Foto: Said masyukuri.
AKURNEWS-Fenomena serangan ulat bulu mulai merambah wilayah lereng Gunung Lawu, tapatnya di Dusun Winong, Ngringo, Jaten, Karanganyar. Ulat bulu yang berkembangbiak dengan cepat membuat warga setempat resah dan ketakutan, Senin (18/4).

Serangan ulat bulu itu sendiri terjadi pada tanaman mangga milik warga. Populasi ulat bulu diketahui makin tak terkendali dan terus menyebar. Menurut warga setempat Mujiyono, kemunculan ulat bulu kali pertama diketahui sejak dua pekan lalu.

Saat itu warga tak begitu memperhatikan karena jumlahnya belum begitu banyak dan terpusat pada beberapa pohon saja. "Namun hanya berselang sepekan, jumlah ulat bulu berkembang pesat menjadi ribuan, dan kami khawatir akan terus bertambah dalam beberapa hari mendatang," ujarnya.

Warga sendiri sebenarnya telah melaporkan merebaknya populasi ulat bulu ini kepada perangkat desa setempat. Namun karena belum ada respon dari pemerintah, warga pun hanya bisa mengurangi populasi ulat bulu secara swadaya, mulai dari menebang pohon hingga membakar ulat-ulat tersebut.

Ditambahkan warga lain, Widodo, munculnya ulat bulu yang dengan cepat meyebar ini membuat warga resah dan takut. Sebagian besar warga melakukan antisipasi dengan cara menyemprotkan pestisida di pohon-pohon sekitar rumah. Hal ini dilakukan agar ulat tidak menyebar dan masuk rumah. "Terus terang warga takut gatel. Karena itu jalan satu-satunya disemprot atau malah ditebang pohon yang ada ulatnya," ujarnya.

Sementara dari Sragen, serangan hama ulat bulu di Kabupaten Sragen dilaporkan kian meluas. Guna mengantisipasi penyebaran ulat tersebut, warga nekat menebang belasan pohon mangga dan jambu yang ditengarai menjadi sarang ulat bulu. Ulat bulu telah ditemukan di Desa Sambiduwur dan Karangtalun, Kecamatan Tanon, Sragen.

Penyebaran ulat bulu juga banyak ditemukan di Dukuh Mayang, Desa Jono. Lantaran khawatir bakal terus menyebar warga akhirnya menebang dan membakar pohon yang ditengarai menjadi sarang ulat bulu.

Ulat Bulu Serang Lereng Lawu 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Ulat Bulu Serang Lereng Lawu
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...