|

Follow us on

|
CLASS IT

Cara Mengatasi Gangguan Insomnia


Ilustrsi Gambar
Foto: Google.
AKURNEWS-Insomnia atau sulit tidur rata-rata disebabkan oleh gangguan psikologis, banyak pikiran, perasaan cemas, gelisah dan sebagainya. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja terutama orang dewasa. Untuk mengatasi insomnia, para ahli kesehatan sudah memberikan beberapa tips dan pengobatan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi insomnia yang di uraikan beberapa ahli kesehatan:
  • Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

  • Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur anda.


  • Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan kita karena benda itu dapat membuat kita cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

  • Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat kita terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan kita terjaga yang tentu saja tidak kita perlukan bila anda ingin tidur.

  • Makananlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.

  • Mandilah dengan air hangat 30 menit atau sejam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.

  • Hentikan menonton TV, membaca buku, setidaknya sejam sebelum tidur.

  • Gunakanlah tempat tidur kita khusus untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

  • Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah anda untuk tidur.

  • Jernihkan pikiran. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran dan perasaan. Salah satu contoh cara untuk megatasi hal ini kita bisa berbagi atau curhat lewat media internet seperti facebook, twitter, blog dan sebagainya.

  • Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur kita selanjutnya.


Sebagai tambahan untuk mengatasi insomnia ini adalah dengan makanan. beberapa makanan bisa mempengaruhi pola tidur kita, jenis makanan tersebut diantaranya adalah:



Salmon: Lemak sehat dalam ikan ini (yaitu asam docosahexaenoic atau DHA) dapat meningkatkan kadar hormon melatonin sehingga dapat membantu kita mudah tidur.



Kacang: Buncis dan kacang dapat memberikan asupan, baik bagi vitamin B, termasuk B6, B12, dan asam folat yang semuanya dapat membantu tubuh mengatur siklus tidur dan lebih santai dengan serotonin yang terkandung di dalamnya. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan vitamin B dapat membantu orang yang memiliki gejala insomnia.



Yoghurt: Yoghurt merupakan sumber lemak yang baik dan kaya akan kalsium dan magnesium, serta mineral. Ini adalah zat yang penting untuk mendukung kita dapat terlelap dengan cepat dan membantu jadwal tidur Anda dapat terjalani dengan baik.



Bayam: Sayuran berdaun gelap ini menjadi sumber besar dari zat besi. Ini merupakan nutrisi yang dapat membantu melindungi kita dari kesulitan tidur dan sindrom gelisah yang kerap menyerang pikiran sehingga menyebabkan mata sulit terpejam.



Silahkan pilih saja sesuai selera, dan untuk yoghurt usahakan rendah lemak untuk menghindari obesitas atau kegemukan. Itulah beberapa cara untuk mengatasi Insomnia. Semoga membantu.

Cara Mengatasi Gangguan Insomnia 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Cara Mengatasi Gangguan Insomnia
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...