|

Follow us on

|
CLASS IT

Bubur Blendrang: Bubur Tulang, Tiga Rasa


AKURNEWS - Ada panganan khas Ramadhan yang sering muncul di Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Namanya bubur blendrang. Bubur dari bahan tepung gandum ini memiliki rasa khas dari campuran tulang yang dicampurkan di dalamnya. Ada tulang kambing, sapi, dan ayam yang bisa dipesan sesuai selera.

Rasanya gurih. Campuran tulangnya membentuk citarasa sesuai dengan jenis tulang yang dimasukkan. Bumbunya sampai meresap ke tulang. Sungguh enak saat menguliti sisa daging yang menempel di tulang.

Bumbu bubur blendrang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kencur, dan garam. Dalam proses memasaknya, bumbu ini disiapkan lebih dahulu, dengan menghaluskannya dan memasukkannya di air mendidih. Adapun adoanan gandum dan tulang, dimasukkan setelah itu. Semua komposisi ini dimasak sampai bumbu meresap ke tulang.

Bubur blendrang banyak ditemukan di Desa Gunungpring. Isroyah, misalnya, sering membuka lapak di sekitar makam Gunungpring. Bubur yang dijualnya adalah resep warisan keluarga yang diajarkan turun temurun. “Saya sendiri tidak tahu kapan orang tua saya membuatnya,” katanya.

Harganya pun khas makanan rakyat Jawa Tengah, alias murah. Cukup merogoh 2 ribu rupiah, semangkuk bubur bendrang siap disantap. Saking enaknya, Isroyah mampu menjual 300 porsi bubur per hari. Yang antre pun bejubel agar kebagian jatah. (/akur)

Bubur Blendrang: Bubur Tulang, Tiga Rasa 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Bubur Blendrang: Bubur Tulang, Tiga Rasa
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...