|

Follow us on

|
CLASS IT

Rencana Pengambilan Air Dari Magelang Terkendala Komunikasi


AKURNEWS - Rencana PDAM Tirtamarta Yogyakarta mengambil air bersih dari sumber air di Magelang belum terlaksana. Pengambilan air yang rencananya untuk menambah pasokan air Kota Yogyakarta ini belum terrealisasi lantaran terkendala masalah komunikasi, yakni perihal kewenangan wilayah dimana titik sumber air tersebut masuk dalam Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Plt Dirut PDAM Tirtamarta Yogyakarta, Dwi Agus Triwidodo mengungkapkan, kewenangan untuk meminta air kepada pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng merupakan kewenangan Pemprov DIY. Hingga kini, rencana itu masih dicoba dibahas oleh sekertariat bersama (sekber) Yogyakarta, Sleman dan Bantul (Kartamantul).

"Sesegera mungkin hal ini akan diusahakan. Kami akan minta Sekber Kartamantul menjembatani komunikasi Pemprov DIY ke Pemprov Jateng," ujar Dwi Agus usai mengikuti raker dengan komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Selasa (18/10).

Dwi Agus menambahkan, penambahan air dari Magelang penting dilakukan untuk meningkatkan debit air di Kota Yogyakarta yang saat ini mencapai sekitar 500 liter per detik. Jumlah ini menurun 10 persen dari jumlah sebelum pipa air dari Umbul Wadon yang rusak akibat erupsi Merapi.

"Untuk mengatasi kurangnya air, terpaksa pengaturan air dilakukan berkala, dengan mengurangi di beberapa titik," imbuhnya.

Sementara anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Bagus Sumbarja mengaku, pihaknya memberi waktu PDAM selama dua minggu untuk memetakan berbagai kendala untuk meminta air dari Magelang. Menurutnya, pengambilan air dari Magelang harus dapat dilakukan, mengingat sumber air di kawasan tersebut cukup melimpah dan debit airnya cukup tinggi, meski memasuki musim kemarau.

"Dua minggu lagi kita tunggu hasilnya, akan kita serahkan ke DPRD Provinsi DIY. Kita akan desak DPRD DIY menyampaikan ke Pemprov DIY untuk mengusahakan air kepada Pemprov Jawa Tengah," ujarnya. (jog/Den)

Rencana Pengambilan Air Dari Magelang Terkendala Komunikasi 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Rencana Pengambilan Air Dari Magelang Terkendala Komunikasi
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...