|

Follow us on

|
CLASS IT

Stroke Ringan Bisa Kurangi Kemampuan Daya Ingat

AKURNEWS - Meski stroke ringan memungkinkan penderitanya untuk melakukan aktivitas tanpa merasakan kelumpuhan, namun stroke ini berpengaruh kuat terhadap kemampuan daya ingatnya. Kadang stroke ini kurang terdiagnosa baik oleh orang di sekitar pasien. Akhirnya pasien kerap dibawa ke rumah sakit dengan kondisi sedikit lebih parah.

Stroke ringan biasanya terjadi akibat terjadinya penyumbatan di pembuluh darah. Alirannya tidak lancar sehingga menghambat perjalanan darah untuk mendistribusikan nutrisi hingga oksigen. Ciri yang kerap muncul adalah mendadak ada bagian tubuh yang kaku atau mati rasa, sulit bicara, cadel, tubuh lemas, hingga tidak mampu menyeimbangkan tubuh saat berdiri.

Pada penelitian yang dilakukan Adam Brickman, seorang psikolog saraf dari Fakultas Kedokteran Universitas Columbia, pemindaian memakai MRI pada otak pasien yang mengalami stroke ringan akan tampak bintik gelap. Bintik itu merupakan gumpalan darah yang membuat sebagian sel-sel sehat di otak mati. Hanya saja, stroke ringan tersebut juga bisa mengganggu bagian hippocampus yang punya peran penting untuk kemampuan mengingat.

“Ketika ingatan seseorang berkurang seiring bertambahnya usia, kita biasanya mengaitkan perubahan itu dengan perubahan fungsional atau perubahan struktural dalam hippocampus. Yang kita temukan pada stroke ringan adalah kehadiran stroke di otak juga terkait fungsi daya ingat,” kata Brickman dikutip VOA News.

Dari pengamatan Brickman terhadap 650 responden berusia 65 tahun, diketahui sekitar 25 persennya mengalami stroke ringan. Dan, mereka ternyata tidak memiliki nilai yang baik ketika disodori untuk menjawab tes daya ingat. (hlt/ika)

Rating: 4

Stroke Ringan Bisa Kurangi Kemampuan Daya Ingat 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Stroke Ringan Bisa Kurangi Kemampuan Daya Ingat
, . Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...