|

Follow us on

|
CLASS IT

Facebook Anda Terinfeksi Virus Peringkas URL? Ini Dia Solusinya

Facebook
Solusi Virus Peringkas URL.
AKURNEWS-Jika pengguna Facebook telanjur terkena jebakan pemendek URL yang sedang heboh saat ini, kewaspadaan tetap harus dijaga, kendati ini belum terlihat berbahaya.

"Ini jelas buatan Indonesia (lokal). Mereka menggunakan metode Cross Site Scripting (XSS), satu tingkat di atas metode phising"

"Namun bedanya metode ini jebakan dan bisa mengirimkan secara otomatis hanya dengan sekali klik saja, ke teman-temannya," terang ahli keamanan Alfons Tanujaya, dari Vaksin.com, yang menyebut virus ini sebagai 'jebakan betmen'.

Alfons juga menambahkan, jebakan ini hadir dengan beragam pemendek URL yang memang terkadang dimanfaatkan oleh para pelaku untuk menyembunyikan status situs yang tidak diketahui sama sekali.

Kendati demikian dari hasil pantauan tim Vaksin.com, jebakan ini tidak atau belum mengarah kearah sesuatu yang berbahaya, seperti mencuri informasi pribadi ataupun data-data yang sifatnya sensitif. Namun memang tetap harus diwasapadai.

"Kami melihatnya belum berbahaya, mungkin mereka hanya ingin mengeksiskn diri. Walaupun tidak menutup kemungkinan akan ada diarahkan ke situs-situs iklan misalnya seperti situs viagara dan semacamnya," terang Alfons.

"Satu catatan penting, jebakan metode ini tidak mengenal sistem operasi komputer, mau Anda pengguna Windows atau Linux, asal meng-klik saja link tersebut, pasti akan terkena juga," tandasnya.

Bahkan penyebarannya diyakini berasal dari browser berbasis handset, karena di perangkat cerdas justru pengamanannya sangat rentan ketimbang browser desktop.

Bagi pengguna yang sudah menjadi korban jebakan palsu pemendek url ini bisa melakukan beberapa tahapan untuk mencegah penyebaran metode ini lebih meluas.

"Langkah pertama ada baiknya mengganti password Anda. Walaupun sebetulnya belum diketahui apakah jebakan ini akan mencuri informasi penting atau data-data sensitif. Tidak ada salahnya untuk melakukannya," terangnya.

Ditambahkan olehnya, jebakan yang diduga menggunakan metode Cross Site Scripting ini akan mengirimkan postingan serupa jika pengguna meng-klik link tersebut. Nah untuk memutus mata rantainya pastikan pengguna men-delete postingan tersebut dan mengabarkannya kepada anggota teman Anda.

"Yang terakhir tentu saja jangan mudah terjebak dan begitu saja meng-klik pemendek URL sembarangan. Kecuali memang orang tersebut dapat dipercaya," tutupnya.

Facebook Anda Terinfeksi Virus Peringkas URL? Ini Dia Solusinya 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Facebook Anda Terinfeksi Virus Peringkas URL? Ini Dia Solusinya
, . Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...