|

Follow us on

|
CLASS IT

Perajin Blangkon Tetap Setia Berkarya

AKURNEWS-Salah satu ikon dari budaya Jawa adalah blangkon, namun adakah kita tahu bahwa proses membuat blangkon ternyata tidak semudah yang dibayangkan, sementara hasil yang didapat perajin terbilang minim. Salah satu alasannya karena perajin blangkon sudah menjiwai usahanya sehingga muncul sikap mencintai budaya, dengan begitu meski tahu dirinya tidak bakal kaya dari blangkon, namun tetap setia.

Di tengah dinamika kehidupan yang dijejali dengan pertarungan perdagangan dan jasa berbasis teknologi, di Desa Krajan, Kecamatan Gatak, Sukoharjo, Jawa Tengah masih ada orang yang setia terhadap budaya Jawa. Ia seolah tidak terpengaruh oleh dinamika kehidupan yang serba instan dan cepat. Adalah Suyatno alias Kopral panggilan akrab di kampungnya. Salah satu perajin blangkon yang hingga kini hidup miskin, meski produk blangkon buatannya sering digunakan pejabat tinggi di Jakarta.

Suyatno sudah lebih dari 30 tahun menekuni profesi sebagai perajin blangkon Jawa. Dalam sehari Suyatno hanya mampu memproduksi maksimal 3 blangkon saja dengan harga jual antara Rp. 25.000,- hingga Rp.100.000,-. Dalam memasarkan produknya, Suyatno hanya mengandalkan pemasaran tradisional, yaitu menunggu adanya pembeli yang datang ke rumahnya. Jika dia memiliki modal, Suyatno akan bekerja, sedangkan jika tidak memiliki modal maka ia akan berhenti bekerja.

Suyatno mengaku dirinya senang dengan profesinya, karena bukan semata mencari penghasilan namun lebih untuk melestarikan budaya. Bagi Suyatno, blangkon memiliki filossofi yang tinggi, sebagaimana bentuk blangkon dalam hidup, manusia harus bisa mengesampingkan nafsu dan ambisi. Karena rejeki sudah ada yang mengaturnya.

Belajar dari filosofi blangkon ala Suyatno, kita dapat menarik benang merah, bahwa konsistensi dan sikap tidak mudah tergoda harta itulah yang mesti dijadikan pandangan para pelaku usaha. Karena ketekunanlah modal utama menjalankan usaha.

Perajin Blangkon Tetap Setia Berkarya 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Perajin Blangkon Tetap Setia Berkarya
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...