|

Follow us on

|
CLASS IT

Waduh, Ada 2 Dukuh Tak Teraliri Listrik


AKURNEWS - Seratusan warga di dua dukuh di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten terancam terisolir akan kebutuhan listrik menyusul belum adanya aliran listrik di wilayah itu selama lima tahun.

Dilansir timlo, Dua dukuh itu yakni, Dukuh Gumuk Rejo yang berjumlah 12 kepala keluarga (KK) dan Dukuh Randu Payung 18 KK. Kedua dukuh tersebut hanya berjarak lima hingga delapan kilometer dari puncak Merapi.

“Selama ini, pekerjaan sebagian warga terganjal karena tidak adanya listrik yang masuk di wilayah ini,” ujar Ketua RT 03 RW 01 Dukuh Gemuk Rejo, Sirepno, Senin (19/9).

Untuk memenuhi kebutuhan penerangan, kata Sirepno, warga terpaksa mengambil listrik dari dukuh tetangga yang masih satu desa yang berjarak sekitar 200-an meter.

“Saya seringkali terpaksa memakai genset kas desa untuk bekerja, dengan mengganti membelikan bahan bakar,” jelas Sirepno yang juga berprofesi sebagai tukang kayu ini.

Hal senada juga diungkapkan, Ketua RT 04 RW 02 Dukuh Randu Payung Yadi Paryitno. Menurutnya, warga sangat mendambakan dukuh mereka dapat teraliri listrik.

Sebab, kata Yadi, untuk memujudkan agar Pembangkit Listrik Negara (PLN) masuk di wilayah ini, warga harus swadana yang tentunya menambah berat beban warga yang sebagian besar merupakan buruh tani.

“Setiap KK yang ingin pasang listrik harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 2,7 juta. Namun, karena kesulitan dana kami baru mampu membayar Rp 1,2 juta. Itu pun diangsur dua kali, bahkan ada warga yang masih kurang,” jelas Yadi.

Yadi menerangkan, biaya tersebut telah diwujudkan PLN dengan memasang tiang listrik beserta kabel inti. Namun, sisa biaya untuk pemasangan bagian-bagian listrik seperti trafo dan sebagainya belum dibayarkan warga.

Hal ini membuat warga belum mendapatkan aliran listrik sejak dua bulan pemasangan tiang listrik di sekitar rumah warga. “Berat sekali bagi kami mendapatkan listrik secara swadana. Kami nanti juga masih mengeluarkan biaya untuk instalasi ke rumah-rumah,” imbuh Yadi.

Waduh, Ada 2 Dukuh Tak Teraliri Listrik 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Waduh, Ada 2 Dukuh Tak Teraliri Listrik
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...