|

Follow us on

|
CLASS IT

Gunungkidul Kekurangan Alat Pengering Produk Pertanian


AKURNEWS - Kabupaten Gunungkidul belum memiliki alat pengering produk pertanian dalam jumlah yang memadai, sehingga menyebabkan kualitas komoditas itu rendah, begitu pula harga jualnya. Ketidaksediaan alat ini membuat memicu korang berkualitasnya komoditas pertanian itu.

"Sebab, umumnya petani hanya menjemur produk pertaniannya di bawah sinar matahari, sehingga saat curah hujan tinggi, proses pengeringan kurang sempurna," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BP2KP) Kabupaten Gunungkidul, Bambang Sudaryanto di Wonosari, Sabtu (29/10).

Ia mengatakan jumlah alat pengering produk pertanian di Gunung Kidul baru ada di Kecamatan Semin. "Belum banyak petani yang memanfaatkan alat pengering tersebut," katanya.

Menurut dia, proses pengeringan produk pertanian yang kurang sempurna menyebabkan harga jualnya rendah. Ia mengatakan petani di Gunung Kidul selama ini cenderung lebih banyak memanfaatkan hasil panen untuk konsumsi keluarganya.

Padahal, kata dia, jika komoditas pertanian seperti jagung dan padi dikeringkan hingga sempurna, harga jualnya akan lebih tinggi. Selain itu, menurut dia, para petani juga bisa menjual hasil pertaniannya dalam wujud benih.

Sementara itu, salah seorang warga Dusun Karangtengah II, Desa Karangtengah, Kecamatan Wonosari, Gunung Kidul, Ngatini mengatakan petani umumnya tergesa-gesa dalam mengeringkan jagung, karena ingin segera menjual hasil panennya itu. Ia mengatakan harga jagung di pasaran Gunung Kidul saat ini Rp2.000 per kilogram.

"Jagung yang saya jual jumlahnya lebih sedikit dari yang kami simpan untuk cadangan. Harga jagung yang rendah menyebabkan saya memilih untuk menyimpannya," katanya. (jog/Van)

Gunungkidul Kekurangan Alat Pengering Produk Pertanian 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Gunungkidul Kekurangan Alat Pengering Produk Pertanian
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...