|

Follow us on

|
CLASS IT

Sekar Jagad Tampilkan 200 Corak Batik Warna Alam


AKURNEWS - Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad kembali menggelar pameran 'Jogja Sebagai Pusat Tradisi Batik Dunia' yang menampilkan lebih dari 200 corak batik warna alam di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosumantri UGM sejak 5 hingga 9 Oktober 2011 mendatang. Pameran yang notabene terus memperjuangkan eksistensi batik tulis ditengah gempuran batik printing ini untuk melindungi pengrajin batik.

"Pameran batik ini menggandeng beberapa pengrajin batik di tengah persaingain batik tulis dengan batik cap atau printing sekaligus dalam rangka memperingati Hari Batik setiap tanggal 2 Oktober dan gelaran World Batik Summit 2011," ujar Ketua Umum Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekar Jagad Ir Dra Larasati Suliantoro di Gedung Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosumantri UGM, Kamis (6/10).

Larasati mengatakan dalam kegiatan ini dipamerkan sekitar 200 lebih corak batik warna alam yang ditampilkan yang merupakan corak dari rakyat, bukan dari Kraton, perguruan tinggi, perusahaan atau museum. Batik yang dihadirkan mempunyai aneka ragam warna yang dibuat dari bahan alam. Kini, ada sekitar 75 jenis warna yang bisa diciptakan dengan dasar warna biru atau indigofera, bisa dikombinasikan dengan bahan lain sehingga menciptakan warna-warna lain.

"Batik tidak kalah dengan baju modern karena saat ini kain batik pun bisa dibuat lebih berwarna dan tidak terlihat kusam, misalnya warna biru, coklat, hijau, kuning, dan gradasi warna lainnya, namun yang belum bisa diciptakan warna merah gula kelapa atau warna merah bendera kita," paparnya.

Lebih lanjut Larasati mengatakan hasil-hasil warna alam yang diciptakan masih bisa dikembangkan. Demikian halnya dengan corak antara lain, corak Semen, Gringsing, Wayang, Galur Kupu, Lintang Trenggono, Gajah Lor dan masih banyak lagi. Batik harus dikembangkan karena akan menghasilkan lahan pekerjaan yang dapat meningkatkan kesejahteraan pengrajin batik di pedesaaan lebih baik. "Dengan dikembangkannya batik tentunya akan dapat mewujudkan Yogyakarta menjadi pusat tradisi batik dunia," imbuhnya.

Selain pameran, juga digelar demo membatik yang diperagakan oleh mahasiswa agar semua pengunjung dan masyarakat yang berminat dapat mengetahui cara membatik, terutama batik tulis. (jog/Fir)

Sekar Jagad Tampilkan 200 Corak Batik Warna Alam 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Sekar Jagad Tampilkan 200 Corak Batik Warna Alam
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...