|

Follow us on

|
CLASS IT

Myanmar Izinkan Partai Suu Kyi Ikut Pemilu

AKURNEWS - Pemerintah Myanmar telah mengizinkan oposisi Aung San Suu Kyi untuk bergabung kembali dengan dunia politik, memungkinkan pemenang Nobel itu untuk mencalonkan diri dan meraih kursi di parlemen baru.

Sejumlah media negara, Selasa (13/12) mengumumkan berita tersebut dan mengikuti serangkaian langkah reformis oleh pemerintah yang didukung militer baru.

Partai Liga Nasional Demokrasi (NLD) yang mendukung Suu Kyi, sempat dicopot dari status hukumnya sebagai partai politik oleh junta militer, tahun lalu, setelah memilih untuk memboikot pemilihan suara, lantaran mengklaim aturan itu tidak adil.

Media memberitakan bahwa komisi pemilihan negara itu telah menyetujui aplikasi NLD untuk mendaftar ulang sebagai partai politik.

Sebelumnya, negara yang juga dikenal sebagai Burma itu telah mengejutkan bahkan sempat mendapat kritik selama tahun lalu, saat melepaskan Suu Kyi dari tahanan rumah, mengadakan dialog dengan oposisi dan membebaskan beberapa tahanan politik.

Selain itu, Suu Kyi juga mengatakan bahwa dirinya akan mengambil bagian dalam pemilu, yang dijadwalkan awal tahun depan, meski belum ada tanggal yang telah ditetapkan.

Suu Kyi menambahkan partainya telah memilih gambar pertempuran burung merak menatap bintang putih sebagai simbol baru, menggantikan merek topi bambunya, yang sempat digunakan kelompok sempalan dalam pemilu tahun 2010 lalu.

Seperti diketahui, Partai Suu Kyi pernah memenangkan pemilu 1990, namun tidak pernah diizinkan oleh para jenderal untuk mengambil kekuasaan, serta memaksanya menghabiskan sebagian besar waktunya selama dua dekade terakhir dalam tahanan. (dun/wan)

Myanmar Izinkan Partai Suu Kyi Ikut Pemilu 100out of 100 based on 99998 ratings. 1 user reviews.



sikut
Myanmar Izinkan Partai Suu Kyi Ikut Pemilu
. Dapatkan AKURNEWS versi HP di http://news.akur.asia.
Advertisement



Gunakan akun Anda untuk berkomentar:



Apa komentar anda?

Redaksi: redaksi.akurnews@gmail.com
Informasi pemasangan iklan
Klik: Pasang Iklan
Iklan Cespleng
  • ADIT TRANS

    PERSEWAAN MOBIL ADIT TRANS SOLO Sewa Mobil Solo ADIT TRANS www.sewamobilsoloadittrans.com

  • JAMU EMPOT2 SUPER ASLI MADURA

    JUAL JAMU EMPOT SUPER MADURA ASLI HARGA DISTRIBUTOR EMPOT2 SUPER : 55.000 asli madura agar

  • OTORENT 0271-7969998

    MUDIK KELILING SOLO…!!! Sewa mobil Solo  OTORENT akan melayani Anda kemanapun t

Berita Utama
Berita Terhangat
Loading...